top of page
  • Writer's picturejejegcreative

[Refleksi] Perjalanan Satu Semester Ini di Kelas Produksi Multimedia

Misericordias Domini (160905972)


Mata kuliah Produksi Multimedia menjadi salah satu mata kuliah wajib di semester enam bagi mahasiwa dengan konsentrasi Media Massa dan Digital. Mata kuliah ini diampu oleh Yohanes Widodo, S.Sos.M.Sc.. Ia telah mengampu mata kuliah ini selama beberapa tahun terakhir ini.


Selama satu semester belajar di kelas Produksi Multimedia yang memiliki bobot empat SKS, banyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan. Secara materi, inti dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan edukasi perihal produksi konten denga berbasis pada multimedia. Sehingga lebih banyak di fokuskan ada praktek di lapangan.


Bukan hanya perihal penulisan saja yang dibahas untuk cara penyajian konten tetapi juga pengemasan konten menggunakan media lain, seperti podcast, video streaming dan foto atau media visual 2D lainnya. Hal ini jelas dapat membangun kesadaran mahasiswa untuk memiliki kemampuan lebih di era dengan teknologi yang semakin terus berkembang.


Selain itu, hal-hal baru banyak didapatkan ketika berdinamika di kelas ini, dari segi materi maupun pengalaman. Dari segi materi cukup banyak materi baru dipaparkan di kelas ini utamanya perihal teknis penulisan, pengambilan gambar, editing dan masih banyak lagi. Walaupun materi yang dipaparkan hanya dasar sehingga pengembangan ketrampilan bergantung pada masing-masing individu.


Dilihat dari segi pengalaman jelas banyak pengalaman baru yang diperoleh karena banyak praktik yang dilakukan sehingga lebih terasa nyata paparan perolehannya dan terabadikan dalam bentuk konten. Seperti live report yang menuntut repoter dapat percaya diri memaparkan berita di ruang publik.


Produksi radio visual juga menjadi salah satu pengalaman yang cukup menantang selama setengah semester berdinamika di kelas. Memberikan pembelajaran tahapan untuk memproduksi acara radio visual mulai dari pemilihan topik hingga realisasinya.


Pengalaman lainnya adalah bertambahnya relasi dan bertambahnya pengetahuan baru di luar ranah bidang komunikasi. Harus bertemu dengan orang baru dan melakukan wawancara memberikan gambaran dan mempraktikan secara nyata secuil perasaan menekuni profesi jurnalis.


Pengalaman itulah yang menumbuhkan rasa percaya bahwa dengan bertemu orang baru kita dapat menemukan sesuatu yang baru juga. Walaupun untuk menumui orang baru banyak pergumulan dalam diri yang perlu untuk ditaklukan.


Tak luput juga bekerjasama dalam kelompok mejadi salah satu poin penting dalam proses dinamika satu semester. Diberikan pembelajaran menejemen sumber daya manusia, megolah setiap potensi dan belajar untuk saling turun ego demi keberlangsungan keutuhan kelompok. Setidaknya dengan tugas berkelompok yang dapat dipetik adalah cara untuk bekerjasama saling mengharmoniskan dan melengkapi satu sama lain.


Sejauh ini dengan menengok kembali hasil pekerjaan selam satu semester saya mengharapkan mendapatkan nilai A. Saya mengharapkan nilai A dengan alasan karena saya selalu mengumpulkan tugas yang telah dosen berikan dengan mengerjakannya semaksimal mungkin berusaha untuk terus mengasah kemampuan diri.


Kontribusi saya dalam kelompok juga saya maksimalkan selama satu semester ini. Saya melakukan hal tersebut juga supaya saya mendapatkan kepuasan diri jika hasil pekerjaan saya baik.


Banyak hal yang saya lakukan untuk kelompok, mulai dari membuat time scedule, membuat list susunan tugas kelompok dan setiap tugas akhir baik UAS mapun UTS.

Menjadi reporter live report, Penyiar saat radio visual dan ikut berpartisipasi aktif mencari topik dan liputan atau hanya mendapingi saat peiputan untuk diangkat dalam artikel website maupun untuk output UAS dan UTS.


Terima kasih Mas boi untuk dinamikanya satu semester ini. Saya merasa ditantang dan ketrampilan saya merasa diasah. Saya akan terus melaju dengan bekal dasar pemberian anda.


[Potrofolio]

Artikel


Podcast


Youtube


Live Report


Siaran Radio Visual

40 views0 comments

Recent Posts

See All

(REFLEKSI) Perjalanan Sejauh Ini

Sudah hampir lima bulan Jejegcreative hadir menemani hari. Menyediakan berbagai informasi yang tajam dan terpercaya kepada masyarakat. Tidak hanya hadir sebatas tulisan, Jejegcreative selalu mengupaya

Post: Blog2_Post
bottom of page