top of page
  • Writer's picturejejegcreative

Belajar Produksi Multimedia

Oleh: Ignasius Rayi Angger L.T / 16 09 05947



Ujian akhir mata kuliah Produksi Multimedia merupakan definisi nyata dari perjuangan memampatkan banyaknya konten ke dalam video yang hanya berdurasi 30 menit. Ungkapan tersebut juga sekaligus menggambarkan kemampuan baru saya untuk cerdas dalam memilah konten yang akan dioalah menjadi bentuk audio ataupun visual.


Mata kuliah produksi sepertinya memang dirancang sesuai dengan dunia pekerjaan yang penuh dengan kecepatan, ketelitian, dan bekerja hingga larut malam. Khususnya di mata kuliah produksi multimedia ini, saya semakin sadar bahwa cara melatih diri yang paling efektif adalah dengan melakukan hal yang ingin dikuasai secara terus menerus. Kebiasaan untuk terus diberi tugas membentuk pribadi yang dapat bekerja di bawah tekanan.


Saya sudah biasa mengerjakan penyuntingan video, tapi audio merupakan hal baru buat saya. Pengetahuan saya bertambah dan mulai melihat podcast sebagai sesuatu yang menyenangkan dan dapat dikaryakan. Saya belajar bahwa menjadi seseorang dengan “modal” suara bukanlah hal yang mudah untuk enak didengar. Saya juga belajar bahwa terdapat formula-formula untuk membuat konten yang menarik menjadi lebih menarik dengan ubahan detil yang tidak terpikirkan sebelumnya.


Nilai merupakan hal yang penting dalam proses akademis saat ini, namun bukan segalanya. Kelas produksi multimedia menggunakan metode peer assessment untuk penilaian mahasiswa, membuat masing-masing individu tahu kekurangan dan kelebihan pekerjaannya menurut orang lain. Tapi sering kali nilai yang diberikan tidak sesuai dengan kualitas dari tugas yang sudah dibuat, saya rasa dosen bisa mengambil alih bagian tersebut dengan tetap memberikan nilai dan tidak sepenuhnya berpegang pada peer assessment.


Saya merasa proses di kelas produksi multimedia dengan bukti tautan di bawah mampu mendapatkan nilai maksimal yang tersedia. Semester terakhir alangkah indahnya bila mendapatkan jajaran nilai A di hasil studi. Hasil studi yang baik dapat membantu saya untuk magang di tempat yang saya kehendaki, serta membantu untuk mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri.


INDIVIDU

Kompasiana

1. https://www.kompasiana.com/rayiangger/5cbf9ada3ba7f72c30050904/bercerita-melalui-visual-itu-penting

2. https://www.kompasiana.com/rayiangger/5c75b45dc112fe5f2e3e0426/pertanyaan-pada-penyedot-wc-sebuah-evaluasi

3. https://www.kompasiana.com/rayiangger/5c6c52f6677ffb541916d62c/jurnalis-specialist-menjadi-generalis

4. https://www.kompasiana.com/rayiangger/5c6350e86ddcae7d2e6e2d02/jurnalisme-interaktif-di-era-informasi


Web Jejeg Creative

https://jejegcreative.wixsite.com/website/home/menemukan-tuhan-dalam-spiritualitas-ignasian


Photostory

- https://www.instagram.com/p/BwnZ6FjhQq5/?igshid=1sph6l7m20y2p


Podcast

https://m.soundcloud.com/rayi-angger/podcast-tanpa-nama-habis-kuliah-mau-ngapain




JEJEG

YouTube

https://m.youtube.com/watch?t=&v=ShZyv-L8pd0

14 views0 comments

Recent Posts

See All

(REFLEKSI) Perjalanan Sejauh Ini

Sudah hampir lima bulan Jejegcreative hadir menemani hari. Menyediakan berbagai informasi yang tajam dan terpercaya kepada masyarakat. Tidak hanya hadir sebatas tulisan, Jejegcreative selalu mengupaya

Post: Blog2_Post
bottom of page