top of page
  • Writer's picturejejegcreative

KSPM Sebagai Wadah Belajar Investasi

Updated: Apr 18, 2019


Oleh Misericordias Domini (160905972)

Investasi menjadi salah satu strategi untuk memutar dan mengembangkan uang bagi seseorang. Investasi dapat dilakukan oleh siapa saja, mahasiswa pun memiliki kesempatan untuk melakukan investasi.


KSPM UAJY (Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Atma Jaya Yogyakarta) hadir bagi kalian yang ingin mempelajari perihal investasi dan melakukan investasi. KSPM UAJY sudah berdiri sejak tahun 2004, bergerak sebagai wadah dari kampus untuk melatih mahasiswa dalam hal praktik dan memahami mengenai saham maupun investasi.


Pelaksanaan CMW (Capital Market Workshop). (Dok.KSPM)

“Tujuan dari berdirinya KSPM adalah untuk menjadi sarana belajar dan sosialisasi pasar modal di Indonesia, bagi civitas akademika Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan umum,” jelas Ketua KSPM, Leonardus Rama Aji Saputra, Jum’at (22/3).


“Sementara, untuk misi dari KSPM ialah membuat program kerja rutin berkaitan dengan pasar modal, memberikan kemudahan akses terhadap informasi dan komunikasi tentang pasar modal melalui perusahaan sekuritas dan Bursa Efek Indonesia, Memupuk kerjasama dengan badan-badan atau pihak-pihak yang mempunyai minat/kepentingan/kegiatan yang sama dengan KSPM UAJY, menyediakan layanan informasi tentang pasar modal kepada masyarakat umum,” Leonardus menambahkan.


Edukasi kepada masyarakat masih menjadi tujuan utama sehingga kegiatan rutin yang mereka lakukan tidak jauh-jauh dari sosialisai kepada pihak internal maupun eksternal. Selain itu juga terdapat acara rutin lainnya, seperti Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal (KPPM), Market Outlook (MO), Capital Market Discussion (CMD) dan simulasi online.


Pelaksanaan CMD (Capital Market Discussion). (Dok.KSPM)

Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh KSPM UAJY dikelola oleh mahasiswa aktif UAJY. Pengelola KSPM dibagi menjadi dua, yaitu Pengurus harian dan Student staff. Pengurus harian berjumlah 20 orang dan bertugas untuk mengatur segala bentuk kegiatan yang ada di KSPM. Sementara, Student staff memiliki tugas untuk mengurus pojok bursa, seperti menerima tamu, menerima nasabah untuk jadi investor atau daftar disekuritas.


KSPM UAJY tidak secara langsung berada dibawah naungan Fakultas Bisnis dan Ekonomika, terdapat lembaga lain bernamana PPBE (Pusat Pengembangan Bisnis dan Ekonomi) yang menghubungkan mereka dengan bagian fakultas dan mengawasi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh KSPM.


“Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan investasi sejak dini. Investasi itu menyangkut ke jangka panjang. Mungkin istilahnya sekarang ini, berinvestasi itu menabung untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap Leonardus.


Pusat lokasi aktivitas KSPM UAJY berada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta - Kampus 3 Gedung Bonaventura. Jl. Babarsari No.44, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.



75 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page